Facebook Twitter
Selamat Datang kawan di blog Newbie
Senin, 05 Juli 2010

0
Komputer

Pengertian Komputer
Komputer berasal dari kata Compute yang artinya menghitung. Komputer adalah alat yang digunakan untuk membantu manusia, dalam pengertian sempit dapat dikatakan sebagai alat menghitung, karena pada mulanya fungsi komputer hanya sebagai alat menghitung.

Komputer secara luas bisa diartikan alat untuk mengolah data, ateu secara lebih luas dapat dikatakan bahwa komputer adalah alat elektronik yang bekerja secara terpadu untuk menerima masukan (input), menyimpan, mengolah data dan menghasilkan tampilan (out put). Data bisa berupa huruf, angka, gambar, simbol dan lain-lain. Komputer merupakan alat elektronik dengan bantuan listrik. Komputer dapat mengingat, menghitung, menggambar, bahkan mengeluarkan suara.

Sejarah Singkat Komputer

Komputer generasi pertama muncul tahun 1946 dengan nama ENIAC. Komputer ini dibuat di University of Pensylvania. Amerika. Ukuran komputer ini memerlukan tempat sekitar 500 M2 dengan volume 105 M3. Komputer ini masih mamakai tabung hampa udara dalam sirkuitnya.

Komputer generasi kedua muncul pada tahun 1959.Ciri komputer generasi kedua ini, tabung hampa sudah di ganti oleh transistor. Walauoun demikian, komputer generasi ini masih cukup besar.


Komputer generasi ketiga di mulai pada tanggal 7 April 1964, pada waktu IBM mengeluarkan komputer denganmenggunakan IC (Itegrated Circuit) Sejak itu perkembangan komputer menjadi sangat pesat sehingga sulit untuk meramalkan perkembangan selanjutnya.

Sejak tahun 1977 muncul type yang disebut dengan PC (Personal Computer). Komputer ini berukuran kecil dan harganya relatif murah. Aat ini sudah muncul berbagai jenis PC dengan ukuran yang semakin kecil, seperti Dekstop (komputer Meja), Laptop (Komputer Pangku/Jinjing) dan Notebook yang berukuran demikian kecil. Selain itu perlengkapan komputer juga semakin lengkap sehingga memungkinkan komputer mengerjakan lebih banyak tugas.


Diambil dari Buku Panduan Computer ITC & DOS

Yang disusun oleh : D. PURWO JULIANTORO


0 komentar: — Skip to Comment.

Posting Komentar — or Back to Content